Selasa, 15 April 2014

keindahan tarian jaipongan

Leave a Comment
Sebelumnya saya ingin menjelaskan arti dari keindahan .
keindahan adalah suatu kata indah yang memiliki ciri khas masing - masing indivudualisme .
kata indah berarti cantik, bagus, molek dll. keindahan itu bisa saja sebagai kata sifat seperti pemandangan yang indah, karya seni yang bagus, seseorang yang cantik dan masih banyak yang lain tentang keindahan sifat.
keindahan itu tidak dimiliki kesamaan terhadap semua orang, keindahan pasti mempunyai selera masing - masing yang menurut dia indah.




seperti keindahan pada tari jaipongan dengan selendangnya itu, tari jaipongan banyak digemari oleh masyarakat luar. tariannya itu bagus buat contoh bangsa indonesia .
Tari Jaipong atau di sering kita sebut Jaipongan adalah sebuah seni tari yang lahir dari kreativitas seorang seniman asal bandung.
Karya Jaipongan pertama yang mulai dikenal oleh masyarakat adalah tari “Daun Pulus Keser Bojong” dan “Rendeng Bojong” yang keduanya merupakan jenis tari putri dan tari berpasangan (putra dan putri)
daya tarik tarian tersebut sangat luwes dan dinamis dengan tubuh yang seksi bisa memikat para lelaki yang sedang menonton.
Musik jaipongan terdapat dari daerah musik bandung yang enak didengar Diiringi oleh untaian musik bernada menghentak yang harmonis. dengan gerakan yang tidak kaku tari jaipongan ini makin nyaman untuk dilihat penonton/audience.

tata busana tari jaipongan banyak kreasi di desain baju wanita, ada berwarna kuning, hijau dll
Dengan tetap memakai pola tradisional seperti sinjang / celana panjang , kebaya / apok yang busananya lebih banyak ornamen sehingga terlihat megah tetapi lebih bebas bergerak.
Kehadiran tari Jaipongan memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap para pencinta seni tari untuk lebih aktif lagi menggali jenis tarian rakyat yang sebelumnya kurang di perhatikan. Dengan munculnya tari Jaipongan ini mulai banyak yang membuat kursus-kursus tari Jaipongan

0 komentar:

Posting Komentar