Minggu, 16 Maret 2014

Budaya

Leave a Comment
Assalamualaikum wa rahmatullah wa barakatuh ..
Salam sejahtera buat kita semua. hari ini saya akan memposting tentang Adat dan Kebudayaan sunda yang berasal dari bandung kota kelahiran saya sendiri .
Sebelumnya, saya ada tugas untuk memposting di blog tentang Adat dan Kebudayaan, jadi ceritanya sedikit kehidupan sehari - hari .

Pertama saya ingin memperkenalkan budaya sunda yang berasal dari kota bandung kelahiran saya, budaya sunda itu termasuk kategori bahasa sunda yang berada di benua asia ke 2.322 bahasa. budaya sunda sangat dilestarikan oleh penduduk provinsi jawa barat karena bahasa yang menarik dan budaya yang sangat menjungjung tinggi sopan santun.
masyarakat kota bandung mayoritas suku sunda, suku yang menggunakan bahasa sunda. Dibandung hampir semua menggunakan bahasa sunda, seandainya orang disana tidak menggunakan bahasa sunda mungkin itu hanya orang yang sedang berwisata ke bandung (masyarakat suku lain) .
Penduduk di kota bandung ramah dan sopan, menurut saya tingkat kesolideritas disana lebih erat.

Seni musik dan seni suara budaya sunda memiliki ciri khas dalam memainkan musik. musik khas sunda kebanyakan sangat digemari oleh masyarakat - masyarakat yang sudah mendengarkan berkali - kali karena pembuat musik sunda lihai dalam membuat lirik - lirik lagu sunda sehingga yang mendengarkan lagu tersebut nyaman didengar.
Contoh beberapa musik buatan khas sunda :
  • Tokecang
  • Bubuy Bulan
  • Es lilin
Tari budaya sunda dengan kelincahan seluruh badan tari khas sunda banyak disukai oleh kalangan masyarakat setempat. contohnya :
  • Tari jaipongan Tari ini sudah tidak asing didengar oleh masyarakat kota, tari yang memiliki gerakan yang lincah, unik dan menarik. tarian ini sudah bisa dibilang tarian modern, musik tari jaipongan ini sangat merdu didengar. tari jaipongan dengan diiringi musik yang berjudul DEGUNG. kebanyakan tari dan musik ini sering digunakan untuk acara pernikahan, selametan dan acara hiburan 
  • Wayang golek. siapa sih yang gak tau wayang golek ? pasti pada tau ! wayang golek ini lebih detail kesenian boneka yang digerakin oleh tangan manusia. dengan karakter seperti cepot, kesenian wayang golek ini banyak yang menyukai. Masyarakat sangat terhibur dengan adanya kesenian wayang golek. seorang Dalang pintar membuat suara karakteristik dari wayang golek tersebut, ia pintar menirukan berbagai macam suara manusia.
Pokoknya kebudayaan sunda sangat berkesan dan sangat menarik, yang bikin bangga menjadi kebudayaan sunda itu masyarakat disana sangat ramah dan welcome sama daerah lain. kekayaan alam budaya sunda pun sangat meluas ...

0 komentar:

Posting Komentar